Strategic Leadership Guna Mengatasi Beragam Masalah

Problem solving merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh karyawan. Bagi pemimpin atau manajer juga perlu untuk mempunyai kemampuan tersebut, sehingga membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan. Strategic leadership perlu mempunyai kemampuan yang membuat kondisi di perusahaan tetap kondusif dan juga team yang bekerja dengan baik untuk memberikan hasil pekerjaan yang lebih produktif.

Strategic Leadership Guna Mengatasi Beragam Masalah

Pemimpin yang efektif perlu mempunyai ciri dengan kemampuan yang beragam mulai dari bisa melihat kondisi sekitar secara komprehensif. Hal tersebut akan membantu untuk mengenali peluang dan juga ancaman dan juga berinovasi yang akan membawa perubahan di perusahaan. Pemimpin juga penting untuk menjadi role model bagi orang lain terutama untuk karyawan yang ada di perusahaan, mempunyai integritas, berkomunikasi secara efektif, dan juga bisa memberikan motivasi dan inspirasi.

Selain itu, kemampuan penting yang dibutuhkan oleh strategic leadership adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan. Langkah yang bisa digunakan untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah yang ada di perusahaan adalah berikut ini:

Mendefinisikan Masalah

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh ketua atau pemimpin untuk mengatasi masalah adalah dengan mendefinisikan masalah terlebih dahulu. Perlu diketahui, sebagai pemimpin juga perlu mempunyai sikap dan pemikiran yang melihat dari sudut pandang yang luas sehingga bisa melihat permasalahan secara komprehensif.

Bagi Anda yang ingin menyelesaikan masalah maka bisa melakukan identifikasi terlebih dahulu pada fakta dan pendapat yang lengkap, melihat mengenai norma dan nilai yang dilanggar oleh permasalahan, dan juga mengidentifikasi dengan data yang valid. Langkah identifikasi masalah perlu dilakukan dengan komprehensif, sehingga hasil yang didapatkan untuk cara menyelesaikan masalah juga secara lengkap.

Strategic Leadership Guna Mengatasi Beragam Masalah

Mengembangkan Alternatif Untuk Solusi yang Dipilih

Setelah melakukan identifikasi terhadap permasalahan, maka selanjutnya adalah tahapan untuk mencari alternatif solusi yang bisa dilakukan. Satu permasalahan akan bisa memberikan beragam pilihan solusi yang tersedia dan bisa diambil. Sehingga bisa mengumpulkan mengenai ide mengenai solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang bisa terjadi di perusahaan.

Saat menentukan alternatif solusi dapat dilakukan dengan memperhatikan mengenai peluang dan juga hal lainnya yang akan mempengaruhi mengenai solusi yang didapatkan. Alternatif solusi tersebut bisa didapatkan dari brainstorming yang dilakukan untuk bisa memunculkan gagasan mengenai solusi yang bisa diambil, sehingga akan bisa menghasilkan banyak alternatif solusi yang bisa diambil.

Evaluasi Solusi yang Terbaik untuk Dipilih

Dari alternatif solusi yang didapatkan maka bisa melakukan evaluasi yang bisa membantu untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Strategic leadership dapat melakukan brainstorming yang mendiskusikan mengenai plus minus dari solusi yang dipunyai. Solusi alternatif bisa memperhatikan mengenai konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa didapatkan oleh perusahaan.

Selain itu evaluasi juga perlu memperhatikan mengenai kecocokannya dengan perusahaan, dampak yang bisa diberikan, dan juga lainnya yang dapat untuk mengenali dan mengidentifikasi solusi alternatif yang didapatkan. Evaluasi mengenai solusi alternatif dapat dilakukan sehingga bisa membantu untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk dipilih. Evaluasi bisa dilakukan oleh pemimpin dan tim agar bisa mempertimbangkan setiap solusi yang ada tanpa bias, sehingga mendapatkan keputusan yang terbaik untuk mengatasi masalah yang ada di perusahaan.

Pengambilan Keputusan

Untuk mengatasi permasalahan selanjutnya yang ada di perusahaan juga perlu untuk mengambil keputusan dengan solusi yang tepat untuk dilakukan. Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan gaya kepemimpinan yang dipunyai oleh tim tersebut. Di mana untuk gaya kepemimpinan pemimpin yang strategis akan melakukan diskusi dan juga mendengarkan pendapat dari anggotanya untuk mendapatkan keputusan yang terbaik.

Walaupun mempunyai waktu yang lebih lama dibandingkan pemimpin otoriter untuk membuat keputusan. Akan tetapi gaya kepemimpinan yang strategis bisa mengambil keputusan yang akan diterima oleh banyak orang karena dilakukan dengan diadakan konsensus terlebih dahulu. Hal tersebut juga membantu untuk membuat solusi yang diambil dapat untuk memberikan kepuasan bagi mayoritas anggota di tim.

Aplikasi Keputusan Solusi yang Diambil

Langkah terakhir untuk menyelesaikan masalah adalah bisa mengaplikasikan keputusan atau solusi dari permasalahan yang telah diambil sebelumnya. Melakukan tindakan merupakan langkah pemecahan masalah yang dapat dilakukan. Dengan menerapkan solusi yang telah diambil dengan konsensus, diharapkan untuk semua orang bisa bekerjasama sehingga membuat permasalahan dapat selesai dengan baik. Tugas dari pemimpin adalah memastikan bahwa solusi yang diambil sudah diaplikasikan, sehingga memberikan dampak seperti yang diinginkan.

Pemimpin juga perlu melakukan evaluasi dari dampak solusi yang telah dipilih, sehingga bisa untuk menyelesaikan permasalahan dengan efektif. Untuk menjadi pemimpin yang berhasil menerapkan strategic leadership dalam menyelesaikan masalah, selain teorinya yang diketahui juga bisa belajar dari pengalaman. Anda bisa mendapatkan pengalaman untuk menghadapi permasalahan yang ada di perusahaan dengan mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI. Ikuti pelatihan menjadi pemimpin yang efektif sehingga bisa mengetahui cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan dengan tepat.

Posting Komentar

0 Komentar