5 Tools ini bantu Freelancer Lebih Produktif dan Cuan Lebih Banyak!

Real banget! Jadi freelancer itu emang seru, tapi kadang bisa bikin pusing kalau nggak punya sistem manajemen yang teratur. Dari ngurus project, ngatur klien, sampai nge-track pendapatan, semuanya butuh manajemen yang rapi.

Mana kita waktu sekolah gak diajarin beginian kan? paling anak manajemen yang paham. Kalo aku yang mantan anak seni rupa ini, belajarnya darimana kalo gak cari info sendiri, atau kursus gak bakal paham.

Nah, biar semua urusan freelance kamu lebih lancar, ada beberapa tools yang bisa bantu kamu tetap produktif dan teratur. Di artikel ini, aku bakal share 5 tools wajib buat freelancer yang bakal bikin kamu kerja freelance like a pro. Dan tentu aja yang aku spill ini , salah satunya adalah Notion, tool yang aku pake dan rekomendasiin banget buat kamu freelancer pemula maupun yang sudah pro!

5 Tools ini bantu Freelancer Lebih Produktif dan Cuan Lebih Banyak!

Spill 5 Tools Freelance yang bikin aku cuan banyak, disimak ya!

1. Notion – All-in-One Organizer

Notion itu bisa dibilang kayak "second brain" buat para freelancer. Jujurly, aku sendiri udah pakai Notion buat atur semua project, klien, bahkan keuangan freelance dari 1 tahun kemaren. Tapi, karena kendala waktu dan kegaptekan diri yang warbiyasak~ soalnya bingung sama formulanya jadi kutinggalin deh. Eh sekarang balik lagi karena udah LULUS belajar notion (sedikit sedikit) dan ternyata manfaatnya gede banget!.

Yang bikin Notion beda dari yang lainnya (emang gak ada opsi sih aku wkwkwk) salah satunya bisa bikin dashboard custom sesuai kebutuhan kamu. Misalnya, aku punya Notion template khusus buat freelancer yang nyimpen semua proposal, kontrak, sampai task list dalam satu tempat satu aplikasi. Template ini bikin kerja jadi lebih efisien karena semua data penting tersimpan rapi dan mudah diakses kapan pun. Kalau kamu penasaran, bisa cek👉 template Notion Freelance Hub Ladyaga.

Dengan Template Notion, kamu bisa bikin folder terpisah untuk setiap klien, buat reminder deadline, dan track progress tiap project. Jadi, nggak ada lagi tuh yang namanya lupa deadline atau bingung project mana yang harus dikerjain duluan.

5 Tools ini bantu Freelancer Lebih Produktif dan Cuan Lebih Banyak!

Kelebihan template Notion ini❤

  1. Sekali beli saja, misalkan harganya 200 ribuan yaudah tinggal beli aja sekali itu karena bisa diakses sampe kapanpun.

  2. Tinggal download aplikasi notion di desktop atau di smartphone, praktis gak pake subscribe lagi karena template notionnya bisa diakses GRATIS.

  3. Gak bakal kehapus atau gimana, soalnya diakses secara online. 

5 Tools ini bantu Freelancer Lebih Produktif dan Cuan Lebih Banyak!

2. Google Calendar – Sinkronisasi Jadwal dengan Mudah

Kadang kadang nih namanya juga freelancer, saking banyaknya kerjaan (amiin), kita bisa aja lupa jadwal meeting atau deadline yang penting. Duh! jangan sampe deh soalnya takut kan dikasi rating jelek dan klien jadi kapok.

Nah, buat atur jadwal kerjaan biar lebih rapi, aku saranin pakai Google Calendar. Tool ini bisa di-sync sama email kamu dan kirim reminder otomatis buat meeting atau task penting. Aku biasanya sinkronin Google Calendar-ku sama template Notion, jadi semua jadwal terintegrasi di satu tempat. Nggak perlu takut keteteran lagi deh.

3. Canva – Bikin Desain tanpa Ribet

Buat freelancer yang sering harus bikin presentasi atau desain cepat, proposal, portofolio, konten promosi. Canva adalah jalan ninja-ku paling tepat dan cepat. Canva punya banyak template desain yang bisa kamu gunakan tanpa kudu mahir photoshop atau desain.

Jadi, kalau ada klien yang minta logo sederhana atau visual cepat, kamu tinggal buka Canva, pilih template, dan sesuaikan dengan kebutuhan mereka. Apalagi buat ngonten di sosial media, wahh... Canva deh pokoknya yang paling bisa diandalkan!.

4. Capcut

Namanya juga freelancer lagi lagi semuanya kudu dikerjakan sendiri, apalagi mempromosikan jasa melalui sosial media itu penting banget. Setidaknya untuk meningkatkan awareness kepada orang lain bahwa kita eksis, ada kita didunia ini yang menjual jasa online.

Aktif di sosial media dengan tipe konten video, aku biasanya pake Capcut Pro yang memang biaya subscriptionnya lumayan sekitar 100 ribuan perbulan. Tapi worth banget, kualitas video 'henpong jadul' bisa diedit jadi HD cuma pake Capcut Pro saja hahahah. 

5. Spreadsheet

Spreadsheet adalah salah satu aplikasi google yang sistemnya sama persis dengan Microsoft Excel. Sebelum menggunakan template notion aku pakenya spreadsheet untuk mengatur keuangan. income dan expenses freelance agar lebih terkontrol. Kadang sering aku pake untuk ngitung selisih pendapatan. Aku ada templatenya, silahkan cek saja langsung ke Ladyagaonline.com ya.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 tools wajib buat freelancer biar kerja lebih produktif dan tentunya cuan lebih banyak. Setiap tool punya fungsinya masing-masing, tapi kalau aku boleh jujur, Notion tetap jadi andalan utama.

Aku sendiri udah atur workflow freelance semua aspek dalam satu Notion template yang memudahkan semua dari proposal, kontrak, sampai tracking task dan pendapatan.

Jadi, kalau kamu butuh tool serba bisa buat nge-manage karir freelance kamu, coba deh pake Notion, atau lebih gampang lagi, cek template yang aku bikin di sini 👉 Ladyagaonline buat mulai langsung!

Selamat mencoba, dan semoga freelancing kamu makin lancar tanpa keteteran bestie!.

Posting Komentar

0 Komentar