5 Cara Mudah Atur Keuangan Pribadi tanpa Overthinking

Bagaimana kabar dompetmu sekarang? Ada perubahan apa yang mau kamu lakukan biar tahun depan lebih 'hijau' dari tahun ini? Semua orang merasakan betapa pahitnya dampak ekonomi dari harga barang yang naik terus, sementara gaji kita enggak naik-naik lol.

Tapi, meski kita enggak bisa ngontrol kenaikan harga barang, banyak hal lain yang bisa kita kendalikan kok.

Yuk, kita mulai dengan mengubah cara pandang kita tentang uang dan ambil langkah yang tepat biar tahun ini dan tahun depan bisa lebih baik dari tahun yang udah  berlalu. Lagian, siapa lagi yang bisa ngontrol keuanganmu kalau bukan kamu sendiri?

Kalau kamu siap buat tahun depan jadi tahun terbaikmu, ini dia beberapa hal yang perlu kamu mulai dan langkah-langkah yang perlu kamu ambil buat mengubah hidupmu.

5 Cara Mudah Atur Keuangan Pribadi tanpa Overthinking Spreadsheet Ladyaga

5 Cara Mudah Atur Keuangan Pribadi tanpa Overthinking

1. Alokasikan Dana

Ya..ya paham ini mah saran yang klise banget, but it's work for me!. Pas udah gajian atau dapet duit biasanya langsung aku masukin ke beberapa 'kantong' keburu tiba tiba abis, kan bikin ovt gak sih?

Nah, 'kantong' ini bebas mau ditaruh kemana aja tapi kudu pahami aturan simple ini, yang urgent diutamakan dulu misalkan dana untuk makan, transportasi, sewa rumah, pendidikan anak, bpjs dan sejenisnya. Dialokasikan dulu atau bikin budget. Kalau ada sisa, baru ditaruh di budget hiburan, healing, shopping dan sebagainya. 

Jangan lupa untuk masukkan budget emergency fund, untuk jaga jaga dimasa depan!

2. Coba Mindful Spending

Tau nggak sih? Menjadi kaya bukan soal berapa banyak yang kamu hasilkan, tapi gimana kamu ngatur belanjaanmu. Jadi, sebisa mungkin belanjanya jangan melebihi pemasukan, ya. Dengan begitu, kamu bisa menghindari jeratan utang, paylater, pinj*l dan mulai membangun kekayaanmu sendiri.

Setelah kamu tau dimana kamu bisa lebih mindful membelajakan duit, tentukan target penghematan tertentu untuk esok hari. Ini bisa jadi motivasi dan tolak ukur kemajuanmu.

Misalnya, coba deh kurangi budget langganan yang kurang penting. Misalnya biaya gym bulanan, padahal kamu jarang nge-gym. Kan bisa berhemat  sekitar 300 hingga 500 ribu perbulan.

Mungkin dengan membiasakan masak sendiri, atau memilih makan diwarteg daripada delivery order. Awalnya mungkin terasa berbeda, tapi yakin deh, dengan mengubah kebiasaan ini kamu bisa jadi lebih mindful. Sounds good, right?.

Baca artikel >>> 5 Cara Mendapatkan Penghasilan Double 2025

3. Menjadwalkan Pengeluaran

Aku paham bener, kadang duit keluar secara tiba tiba. Coba deh dijadwalkan mulai sekarang dan disiplin. Misalkan bulan ini ada kondangan dan harus menyumbang dana, boleh dialokasikan dan dijadwalkan dulu.

Setelah itu, diikuti saja aturannya, kalau ada hal yang tiba tiba misalkan diajak kawan untuk hedon saat ini juga mending ditunda dulu gak sih? karena nanti budgetmu kedepan tidak sesuai plan. Tenang aja, kawan yang baik pasti paham kok bestie.

Template spreadsheet ladyaga : mengatur keuangan bulanan untuk👇

Template spreadsheet ladyaga Atur Keuangan Bulanan

  • Rumah Tangga
  • Keuangan pribadi
  • Mahasiswa
  • Pasangan
  • Freelancer/ UMKM

Masukkan kode voucher: EDU21 untuk dapatkan diskon 20%

4. Bayar Hutang Segera

Kamu punya hutang? segera dibayar atau dicicil!. Ini hal paling normal yang harus dilakukan, selain ini adalah tanggung jawabmu, dengan membayar hutang kamu bisa melatih kesehatan keuanganmu loh. Dengan disipil menyicil, kamu bisa lebih terlatih untuk mengatur keuangan. Tentu saja lebih ayem dan mengurangi ovt~

5. Investasikan uang untuk menghasilkan uang

Jika semua alokasi dana sudah masuk di beberapa kantong utama, dan ada sisa mending diinvestasikan gak sih? sesimple nabung RDPU di Bibit dengan resiko rendah. Atau nabung emas, pokoknya jangan sampe uangmu hanya 'tergeletak' begitu saja.

Namun, tetap hati hati  yah untuk berinvestasi karena ada yang menjadi boncos dan merugi. Jika masih awam, lebih baik konsultasikan ke konsultan keuangan bersertifikat.

Template spreadsheet ladyaga Atur Keuangan Bulanan

Kesimpulan

Disclaimer: Aku bukan konsultan keuangan yah, hanya praktisi saja yang sudah prakter atur keuangan karena sebagai freelancer yang penghasilannya fluktuatif kudu bisa atur keuangan sendiri. Biasanya pakai excel, tapi seiring berjalannya waktu pakai spreadsheet lebih praktis karena bisa update otomatis.


Posting Komentar

0 Komentar