Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

Apakah kamu seorang freelancer di platform Fastwork? jika belum, kamu bisa daftar terlebih dahulu sebagai freelancer di platform tersebut. Saat ini fastwork menjadi solusi bagi freelancer Indonesia yang memiliki target klien berbahasa Indonesia, meskipun tidak terbatas disitu saja. Ada pula beberapa klien datang dari luar negeri. 

Sudah ada mungkin 2 tahunan saya membuat akun di Fastwork Ladyaga dan memiliki beberapa klien darisana. Untuk tampilan UI UX hampir sama konsepnya seperti Fiverr, ada aplikasinya juga agar tetap bisa online dan tidak ketinggalan info terbaru dari klien ataupun Fastwork. Dalam artikel ini saya akan membagikan berita terbaru dari Fastwork, yuk baca sampai abis.

Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

Sekarang freelancer bisa mengajukan proposal kerja ke klien langsung dengan fitur Fastwork baru: Jobboard

Aku akui Fastwork semakin kesini semakin banyak fitur ataupun kemajuan yang bagus, salah satunya Jobboard mirip fitur dari Upwork yaitu freelancer kini bisa mengajukan proposal berdasarkan postingan klien. 

Tentu saja ini menjadi titik terang bagi kita si pekerja lepas, karena kalau mengandalkan action atau inisiatif dari klien saja kurang maksimal hasilnya. Ini juga memudahkan klien untuk menyeleksi calon freelancer berdasarkan kebutuhan proyek mereka. 

Kadang klien hanya paham proyeknya saja, untuk menyebutkan jenis profesi, skill, atau pengalaman freelancer masih bingung. Contohnya pada proyek penulisan artikel, klien ada yang bingung dikira freelancer yang membuka jasa tulis caption sosial media itu sama dengan penulisan artikel padahal berbeda jauh.

Cara dan Tips Mengirimkan Proposal di Jobboard Fastwork: 

  1. Pastikan kamu sudah memasang jasa di 'Pekerjaan Saya' dan sudah diterima oleh fastwork sehingga statusnya aktif. Disediakan 5 pekerjaan yang bisa kamu listing.

    Fastwork Ladyaga Aga Rahmadani Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

  2. Klik Jobboard dan cari kategori pekerjaan yang sesuai skill kamu, untuk tipe pekerjaan ada yang part-time, fulltime, dan sebagainya.

    Ladyaga Aga Rahmadani Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

  3. Setelah pilih salah satu list proyek, kirimlah proposal pendek yang ingin kamu tawarkan pada calon klien. Informasi diri secara singkat, apa yang bisa kamu berikan, dan solusinya.

    Ladyaga Aga Rahmadani Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

  4. Kirimkan tautan portofolio atau proyek yang serupa dengan pekerjaan yang klien inginkan. Contohnya klien membutuhkan jasa desain menulis artikel bertema food review, nah... kamu bisa tampilkan artikel yang sudah pernah dikerjakan dengan tema yang sama, misalkan artikel review jajanan Semarang, dan sebagainya.

    Update Terbaru Freelance di Fastwork, Ajukan Proposal di Jobboard

  5. Jika bingung untuk menyusun proposal, silahkan manfaatkan chatGPT tapi jangan mentahan ya... karena calon klien bukanlah robot, jadi tetap dimodifikasi agar terasa lebih 'manusiawi'.

  6. Tidak mencantumkan ajakan ke contact person pribadi seperti nomor whatsapp, alamat email, telegram dan sebagainya di proposal karena ini melanggar aturan Fastwork.

  7. Benar benar mengirimkan proposal yang sesuai dengan jasa yang sudah kamu listing, karena akan buang buang waktu percuma jika tidak berkaitan dengan skill kamu. 

Jadi, selain bisa listing 5 jasa di Fastwork, bisa 'jemput bola' sekalian dengan mengirimkan proposal. Peluang cuannya akan lebih besar karena calon klien akan mudah untuk menemukanmu. 

Baca juga artikel: 5 Tips Sukses Menjadi Freelancer di Fastwork

Sebagai freelancer kamu harus terus meningkatkan skill dan portofoliomu agar tidak ketinggalan dengan kompetitor, karena semakin hari semakin ada aja kemauan dari klien. Selain dari platform fastwork, kamu bisa kirimkan proposal kerja diluar dengan mengirimkan CV, portofolio dan resume ke email calon klien potensial kamu. Download templatenya hanya di👉 Template Freelancer Kit.

Posting Komentar

0 Komentar